sejarah busana wanita

Tren pakaian dan aksesori dari ujung kepala sampai ujung kaki terus berputar. Tahukah Anda, bahkan tren terbaru sekalipun bisa memiliki akar sejarah busana dari ratusan tahun yang lalu.

Yuk, kita intip kisah-kisah menarik di balik tren fashion saat ini!

1. Sandal Gladiator

Tren sandal gladiator sempat meredup, tertutup oleh ankle boots. Namun, kini para fashionista kembali tergila-gila dengan modifikasi sandal gladiator yang dibuat setinggi ankle boots!

Ya, rasanya kita semua sudah tahu kalau model sandal ini terinspirasi dari alas kaki orang-orang Romawi kuno.

Akan Tetapi, tahukah Anda, ternyata orang-orang Romawi juga merupakan bangsa pertama yang membuat alas kaki yang bentuknya menyesuaikan kaki kiri dan kanan?

2. Baju Rajut

Pakaian dari bahan rajut atau dikenal dengan istilah knitwear tidak pernah terasa basi. Sempat identik dengan baju nenek-nenek dan bayi, belakangan knitwear mulai populer lagi setelah Prada dan Dolce & Gabbana memasukkan koleksi knit top yang sangat keren di atas runway Fall-Winter 2010.

Jejak pemakaian knitwear dapat ditelusuri kembali ke tahun 700 SM. Konon, bahan rajutan pertama dipakai oleh orang Arab untuk kaus kaki.

3. Blue Jeans

Blue jeans adalah salah satu dari sedikit fashion items yang tidak akan pernah out of style. Popularitasnya sebagai item wajib fashionista bisa disamakan dengan little black dress dan sepatu stiletto.

Ternyata, sejarah lahirnya blue jeans tidak terlalu feminin; pakaian berbahan blue jeans pertama kali dibuat oleh Jacob Davis dan Levi Strauss (nama yang terdengar familiar?) pada 1874 untuk para penggali tambang.

4. Sepatu Stilleto

Sepatu dengan hak super runcing ini sebenarnya lahir di Italia sekitar 1950-an. Istilah stilleto sendiri sebenarnya merujuk pada sejenis senjata.

Konon, sepatu ini mengingatkan pembuatnya akan senjata karena bentuknya yang ramping dengan bahan metal. Secara medis, sebenarnya pemakaian sepatu ini tidak disarankan karena dapat menimbulkan cedera, lecet, dan risiko tersangkut.

5. Sequin Dress

Aksen manik-manik gaya sequin masih jadi pilihan top untuk kesan mewah, sering kita jumpai sebagai baju wajib dugem. Sequin dress pertama kali muncul di Venesia pada 1284, dengan nama asli zechhino (=koin emas kecil).

Pada waktu itu, sequin dress merupakan baju wajib kaum bangsawan, dan orang-orang yang tidak berdarah biru dilarang memakainya. Akan tetapi, setelah industri berkembang pada abad ke-19, baju ini menjadi milik semua masyarakat.

6. Hoop Earrings

Anting-anting yang bentuknya seperti cincin ini meraih puncak popularitas ketika Jennifer Lopez alias J.Lo memakainya di awal karir. Banyak yang mengira anting ini merupakan model modern. Padahal, berdasarkan penemuan arkeologis, ternyata hoop earrings merupakan bentuk anting pertama yang dikenal peradaban manusia, yaitu sejak 2500 SM.

7. Chandelier Earrings

Baju paling simpel sekalipun bisa berubah menjadi tampilan mewah dengan bantuan chandelier earrings. Anting jenis ini terinspirasi dari kemewahan lampu-lampu gantung di kerajaan Eropa sejak abad ke-17.

8. French Manicure

Wanita-wanita dari kultur Barat lebih memilih kuku alami yang tampak bersih dengan kutikula putih, karena melambangkan kebersihan moral. Pola pikir ini terus bertahan sampai awal abad 20.

Inilah yang menginspirasi seorang staf ahli di industri film Hollywood mengembangkan gaya pengecatan French Manicure untuk keperluan syuting pada 1975.

9. Headpiece

Hiasan ornamen di kepala yang biasanya dipakai untuk keperluan panggung atau pernikahan, belakangan menjadi tren. Dari bentuk lucu seperti topi kecil, sampai yang elegan seperti bunga, semua memenuhi etalase mall.

Sejarah hiasan kepala semacam ini dapat ditelusuri kembali sampai ke zaman primitif. Suku-suku purba memakainya untuk menandai kekuasaan mereka.

10. Rambut Bob/Pixie Cut

Cek lukisan-lukisan kuno, dan Anda akan menemui gambaran wanita dengan rambut panjang. Maka, ketika desainer jenius Coco Chanel memotong pendek rambutnya pada 1920-an, masyarakat geger.

Kala itu, gaya androgini belum dikenal. Maka, rambut bob menjadi simbol pemberontakan wanita. Demikian juga dengan gaya pixie cut yang belum lama dipopulerkan oleh penyanyi Rihanna dan supermodel Agyness Deyn.

http://www.anneahira.com/sejarah-busana.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: